Langsung ke konten utama

Obat Herbal Sakit Gigi Paling Ampuh

OBAT HERBAL SAKIT GIGI PALING AMPUH “lebih baik sakit hati daripada sakit gigi” Ungkapan kalimat di atas mungkin menjadi kalimat yang sering diucapkan oleh seorang yang kerap menderita sakit gigi. Memang nyatanya, sakit gigi adalah kondisi yang tak tertahankan saat seseorang mengalaminya secara spontan.  Bahkan bagi kebanyakan orang, penyakit ini sudah menjadi konsumsi rutin pribadi orang.  Penderita sakit gigi bisa-bisa dapat memicu emosi yang tidak stabil akibat keram yang menjulur hingga ke bagian saraf mata dan kepala. Tapi jangan khawatir guys! Kamu bisa dengan mudah dan gratis mendapatkan obat sakit gigi ini di rumah anda tanpa harus susah payah mencarinya atau tak pergi ke apotik. Berikut adalah obat sakit gigi alternatif yang mudah didapatkan langsung di sekitar anda: 1. Garam   Selain menjadi kunci utama sedapnya masakan dapur, garam juga mempunyai untuk membasmi bakteri yang menyebabkan infeksi di sekitar mulut Anda. Sakit gigi yang menyababkan gusi menjadi luka...

(Giving instruction, invitation, Prohibition, and asking Permission) RPP K13 B.INGGRIS KELAS 2 SMP/MTS

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Sekolah : MTsN Tungkob

Mata Pelajaran : Bahasa Inggris

Kelas/Semester : VIII/1

Materi Pokok : Giving instruction, invitation, Prohibition, and asking Permission

Topik : Would You Like To Come

Alokasi Waktu : 8 x 40 menit


A. KOMPETENSI INTI 

1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.

2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.

3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.

4. Mencoba,  mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

Kompetensi Dasar

KD 1.1

Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.

KD 2.1

Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman. 

KD 2.2

Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.

KD 2.3

Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam 

melaksanakan komunikasi fungsional.

KD 3.3

Menerapkan, struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial dari ungkapan memberi instruksi, mengajak, melarang, dan meminta ijin, serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.

KD 4.3

Menyusun teks lisan dan tulis sederhana untuk menyatakan, menanyakan, dan merespon ungkapan memberi instruksi, mengajak, melarang, dan meminta ijin, dengan memperhatikan fungsi social, struktur teks dan  unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

Indikator Pencapaian Kompetensi

KD 1.1

Menunjukkan sikap bersyukur dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi Internasional dengan cara menggunakannya dalam berkomunikasi dengan guru maupun teman.

KD 2.3

Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.

KD 3.3

Mengidentifikasi fungsi sosial struktur teks, dan unsur kebahasaan dari ungkapan memberi instruksi, mengajak, melarang, dan meminta ijin, sesuai dengan konteks penggunaannya 

KD 4.3

1. Menulis ungkapan memberi instruksi, mengajak, melarang, dan meminta ijin, dengan sangat pendek dan sederhana dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan sesuai dengan konteks penggunaannya

2. Mempraktekan dengan menggunakan ungkapan memberi instruksi, mengajak, melarang, dan meminta ijin, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan sesuai dengan konteks penggunaannya 


C. TUJUAN PEMBELAJARAN

1. Afektif ( ref KD 1.1 dan 2.3)

Siswa dapat menunjukkan sikap bersyukur dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi Internasional dengan cara menggunakannya dalam berkomunikasi dengan guru maupun teman.

Siswa dapat menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.

2. Kognitif(ref. KD 3.3)

Siswa dapat mengidentifikasikan fungsi sosial dan struktur teks untuk menyatakan, menanyakan dan merespon ungkapan memberi instruksi, mengajak, melarang, dan meminta ijin, dalam kehidupan siswa sehari-hari

3. Psikomotor(ref. KD 4.3)

Siswa dapat menyusun teks lisan dan tulis ungkapan memberi instruksi, mengajak, melarang, dan meminta ijin dengan sangat pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

Siswa dapat Mendemonstrasikan  ungkapan memberi instruksi, mengajak, melarang, dan meminta ijin, dengan sangat pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

D. MATERI PEMBELAJARAN

Fungsi sosial

- Melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman

Struktur teks 

- Memberi instruksi, 

Stand up, please!

Yes, Miss.

Put the book on the table!

Allright.

Teacher : Andi give your pencil to Aidan

Student : Response, etc

- Melarang, 

Don’t be late!

I won’t. thank you

Don’t do that!

No, I won’t. don’t worry

- Ungkapan Minta Izin

Can I go out, please?

May I open the window, please?

Would you mind if I asked you something?

Is it okay if I sit here?

- Ungkapan memberi izin:

Ok. No problem.

Certainly.

Sure.

Not at all.

- Ungkapan menolak permintaan izin:

I’m sorry, but...

I’m afraid you can’t...

- Ungkapan Mengajak

Let's go see movie tonight. arti = Ayo pergi nonton malam ini.

How about to go to beach? arti = Bagaimana kalau pergi ke pantai?

Do you want to wall-climbing next weekend? arti = Apakah kamu ingin panjat tebing minggu depan?

Why don't we join a city tour? arti = Mengapa kita tidak gabung di tour keliling kota?

Let's do our homework together (mari kita mengerjakan PR bersama). 

Would you go to party with me? (maukah kamu pergi ke pesta dengan saya?). 

- Jawaban ajakan

That's great idea. arti = Ide bagus.

Good idea. arti = Ide bagus.

Sure. Why not? arti = Tentu. Kenapa tidak?

Cool. arti = Keren.

Sounds good/ great. arti = Terdengar bagus.


- Menolak ajakan

Sorry, I can't. I have a meeting. arti = Maaf, saya tidak bisa. Saya ada pertemuan.

I'd love to, but I have other plans. arti = Saya sangat suka, tetapi saya punya rencana lain.

Unfortunately, I'm busy. arti = Sayangnya saya sibuk.

I'll pass that one. arti = Saya akan melewatkan yang itu.


Unsur kebahasaan

- Kata ganti kepunyaan

My, your, our, their, her. his, its

Mine, yours, ours, theirs, hers, his, its.

- kata ganti subjek

I, you, we, they, he, she, it

- Pronunciation,  intonation, stress

- Grammar : Present Tense, Imperative

- Vocab terkait tema

- Kata Modal (may, might, will, would, can, could, etc)


E. METODE PEMBELAJARAN

Pendekatan : Scientific Approach

Langkah Pembelajaran : Mengamati, Menanya, Mengumpulkan informasi, 

    Mengasosiasikan, Mengkomunikasi

Metode : TPR, Cooperative learning 


F. MEDIA , ALAT, SUMBER PEMBELAJARAN

Media : Gambar,

     Alat : Laptop, in focus, Video

Sumber Belajar

1. Lingkungan kelas (real objects in the classroom)

2. When English Rings The Bell

3. http://www.myenglish.com


G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN

1. Pertemuan 1 (2 JP)

a. Pendahuluan (5 menit)

1) Salam dan tegur sapa, berdoa

2) Guru melakukan apersepsi dengan mengajukan  pertanyaan kepada peserta didik tentang materi yang akan dipelajari.

3) Guru menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini

b. Inti (70 menit)

Langkah Kegiatan Belajar

Guru Siswa Keterangan

Mengamati

a. Meminta siswa untuk memperhatikan dan mendengarkan guru

b. Membagikan kelompok dan menjelaskan dan mengidentifikasi materi    terkait ungkapan memberi instruksi serta contohnya sesuai tujuan yang ingin dicapai

     Misal: 

Stand up, please!

Yes, Miss.

Don’t  close the door!

Sure Ma’am

c. Guru mempraktekkan terlebih dahulu sebelum meminta siswa melakukan perintah secara berpasangan.

 Misal: come here, take a seat, open your book, write down,dll

d. Beberapa kelompok diminta untuk maju kedepan secara acak, guru memberikan rangkaian perintah yang sama agar siswa tidak bingung. a. Memperhatikan dan mendengarkan penjelasan guru

b. Menyimak contoh ungkapan tentang memberi instruksi.

c. Siswa meniru ucapan guru tentang ucapan ungkapan memberi instruksi serta responnya

d. Mempraktekkan sesuai perintah yang diberikan guru

Menanya

a. Memfasilitasi siswa untuk bertanya

b. Mendorong siswa mengembangkan pertanyaan terkait materi yang akan dipelajari

c. Memberikan  penjelasan tentang penggunaan Grammar Imperative dalam ungkapan terkait dan             perbedaan kedua ungkapan  serta responnya.

a. Siswa mengajukan pertanyaan

b. Siswa mempertanyakan antara lain perbedaan antar ungkapan memberi instruksi, serta cara                    responnya dalam berbagai konteks

Mengumpulkan Informasi

a. Mengamati dan memfasilitasi siswa mengidentifikasi struktur teks dalam ungkapan terkait.

b. Guru memonitor siswa dan membimbing siswanya dalam latihan penggunaan ungkapan tersebut

c.    Siswa  mengidentifikasi dan menganalis ungkapan-ungkapan memberi instruksi dan unsur- unsur             kebahasaan dalam teks/dialog.

d. Mencoba berlatih menyusun dialog sederhana

Mengasosiasikan

a.     Guru  meminta siswa membuat ungkapan memberi instruksi dan responnya dengan menggunakan          Bahasa Inggris  dalam kegiatan yang terstruktur

b. Guru mengamati siswa dari dekat untuk memberikan bantuan jika diperlukan. a. Siswa                     bersama teman sebangku mencoba menggunakan ungkapan memberi instruksi

Mengkomunikasi

a. Memfasilitasi siswa menyampaikan hasil kerja secara berpasangan lisan dan tulis.

b. Memberikan feedback positif dan reward terhadap hasil tugas berbicara dan menulis siswa a. Menunjukkan hasil tulisan mereka tentang ungkapan memberi instruksi serta responnya, dalam             berbagai kegiatan di dalam dan di luar kelas. 

c. Masing-masing pasangan melakukan revisi terhadap hasil kerjanya dan menulis dalam bentuk                  laporan ringkas hasil temuan.


c. Penutup (5 menit)

1) Menyimpulkan hal- hal yang telah dipelajari.

2) Memberi tugas mandiri (PR)(lampiran)

3) Menyampaikan materi yang akan datang


H. PENILAIAN

1. Teknik dan bentuk penilaian:

a. Lisan dan tulis/unjuk kerja ( task and performamce)

b. Objective dan subjective

2. Bentuk instrumen dan instrumen:

Indikator Pencapaian Kompetensi Penilaian

Teknik Bentuk Instrumen

KD 1.1 

Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar. Pengamatan Checklist

KD 2.3

Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.


Pengamatan

Catatan:

Penilaian sikap ini dilakukan ketika proses pembelajaran berlangsung pada setiap pertemuan satu dan pertemuan dua.

Checklist Sikap peduli:

1. Berempati kepada sesama teman kelas

2. Saling membantu hal-hal yang positif

3. Aktif membangun kerukunan warga kelas

4. Melakukan tindakan-tindakan yang bersifat sosial

KD 3.3 

1. Mengidentifikasi fungsi sosial struktur teks, dan unsur kebahasaan dari ungkapan memberi instruksi dan melarang sesuai konteks penggunaannya.


Lisan dan tulis terintegrasi/ unjuk kerja Objective dan subjective

1. Underline the expression below that show giving instruction or prohibition!

a. Brother : Ann, would you bring me a cup of coffee, please!

Ann : sure

Brother : But, don’t take sugar!

Ann : All right

b. Teacher : Students, do you have homework?

Students : Yes, ma’am

Teacher : Then, put them on my table!


2. Listen to the questions/expressions and give your answer/response orally

Ann : it’s very hot in this room. Oh, no wonder the window is closed.

Please …………………

Bella : Okay


3. Teacher : Don’t cheat  when the Exam!

   Students : ………….


a. Indikator Pencapaian KD 1.1


Rubrik penilaian


Nama :

Kelas :

No Aspek Pengamatan Ya Tidak

1 Menggunakan bahasa Inggris ketika mengajukan pertanyaan

2 Menggunakan bahasa Inggris ketika memberikan pendapat

3 Menggunakan bahasa Inggris ketika berkomunikasi dengan teman

4 Menggunakan bahasa Inggris ketika berkomunikasi dengan guru


Petunjuk Penilaian:

Ya : 1

Tidak : 0

Penyekoran: Jumlah yang didapat x 10 

Skor maksimal

Jumlah maksimal: 10


b. Indikator Pencapaian KD 2.3—Affective Aspect 

Rubrik Penilaian

Nama :

Kelas :

No. Aspek yang dinilai Nilai

1 Jujur

2 Disiplin

3 Percaya Diri

4 Bertanggung Jawab

         

c. Indikator Pencapaian KD 3.3 – Cognive Aspect


Tugas/ Soal:

1. Translate these sentences into Indonesia! 

a. Don’t do that!

b. Don’t you follow me!

c. Don’t step on the grass

d. Don’t cheat during the test

2) Turn the affirmative sentences in negative sentences

a. Close the door

b. Stop

c. Cross the road

d. Come here

e. Go away

Kriteria Penilaian

Tugas 1 : Acceptable scoring/One correct answer ( Tiap jawaban benar skor 5; skor maksimal : 20)

Tugas 2: Acceptable scoring/One correct  answer ( Tiap jawaban benar skor 4; skor maksimal : 20)

Nilai siswa  = skor diperoleh X 100 skor maksimal

   Skor maksimal


d. Indikator Pencapaian KD 4.3—Psychomotor Aspect 

Tugas/ soal:

Make a dialogue based on the situation given and perform in front of the class 

 Rubrik/Kreiteria Penilaian  SPEAKING

No Aspek yang dinilai Skor

1 2 3 4 5

1 Kosa kata (vocabulary) 

2 Kelancaran (fluency)

3 Pengucapan (pronunciation)

4 Intonasi (intonation)

5 Pemahaman (understanding)

Jumlah

Kriteria penilaian dapat dilakukan sebagai berikut :

Skor maksimal : 5 x 5 = 25

Penentuan nilai : Nilai siswa = skor diperoleh X 100 

                        Skor maksimal

a. Kosa kata (vocabulary) 

5 = Hampir sempurna 

4 = Ada kesalahan tapi tidak mengganggu makna 

3 = Ada kesalahan dan mengganggu makna 

2 = Banyak kesalahan dan menganggu makna 

1 = Terlalu banyak kesalahan sehinngga sulit dipahami. 

b. Kelancaran (fluency) 

5 = Sangat lancar 

4 = Lancar 

3 = Cukup lancar 

2 = Kurang lancar 

1 = Tidak lancar 


c. Pengucapan (pronunciation) 

5 = Hampir sempurna 

4 = Ada kesalahan tapi tidak mengganggu makna 

3 = Ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna 

2 = Banyak kesalahan dan mengganggu makna 

1 = Terlalu banyak kesalahan sehingga sulit untuk dipahami 

d. Intonasi (intonation) 

5 = Hampir sempurna 

4 = Ada beberapa kesalahan tapi tidak mengganggu makna 

3 = Ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna 

2 = Banyak kesalahan dan mengganggu makna 

1 = Terlalu banyak kesalahan sehingga sulit dipahami 

e.    Pemahaman (understanding) 

5 = Sangat memahami 

4 = Memahami 

3 = Cukup memahami 

2 = Kurang memahami 

1 = Tidak memahami 


Format Penilaian Writing (Skala Penilaian Menyeluruh /Holistic )

1. Rubrik penilaian

Standar Nilai (maks 60) Performansi yang dituntut

Poor 0-10 Kurang dari 3 buah kalimat, banyak terdapat kesalahan  tata bahasa dan mekanik, pemakaian kosa kata yang tidak tepat dan sulit dipahami., tidak akurat /tidak sesuai dengan konteks. 

Fair 11-20 Teks terdiri dari 4-5  buah kalimat, ada beberapa kesalahan  tata bahasa dan mekanik, pemakaian kosa kata kurang  tepat, sudah dapat dipahami meskipun kurang akurat /kurang  relevan dengan konteks 

Good 21-50 Teks terdiri dari 6-7  buah kalimat, sedikit kesalahan  tata bahasa dan mekanik, pemakaian kosa kata kurang  tepat, sudah dapat dipahami meskipun kurang akurat /kurang  relevan dengan konteks/ akurat. 

Excellent 51-60 Teks terdiri dari  8 buah kalimat, tidak ada  kesalahan  tata bahasa dan mekanik, pemakaian kosa kata sudah   tepat, mudah dipahami, akurat/relevan dengan konteks.


Kriteria penilaian dapat dilakukan sebagai berikut :

Skor maksimal :  60

Penentuan nilai : Nilai siswa = skor diperoleh X 100 

           Skor maksimal



Mengetahui, Tungkob, 26 Oktober 2015

Guru Pamong Guru Praktikan





Ernawati S.Pd Rosmawati



Students worksheet

Activity 1


Tugas/ Soal:

1. Translate these sentences into Indonesia! 

a. Don’t do that! 

b. Don’t you follow me!

c. Don’t step on the grass

d. Don’t cheat during the test

2. Turn the affirmative sentences in negative sentences

a. Close the door

b. Stop

c. Cross the road

d. Come here

e. Go away


Lampiran (PR)



I. Match the instructions below!

1) Stand a. your name

2) Sit b. English

3) Say c. up

4) Speak d. down

5) Come e. the board

6) Go to f. here

7) Work g. quiet

8) Draw h. in pairs

9) Be i. again

10) Try j. a picture

11) Write k. the board

12) Clean l. your name

13) Turn on/off m. the window

14) Open n. your nose

15) Put your books o. the cassette

16) Don’t write p. the light

17) Touch q. your feet on the chair

18) Don’t put r. on the desk

19) Listen to s. on the desk

20) No 


Lampiran


Make short dialogue based on the situation given and picture and perform in front of the class

1. 

 


2.

 

3.






Key Answer

Activity 1

1. 

a. Jangan lakukan itu

b. Jangan ikuti aku

c. Jangan menginjak rumput

d. Jangan menyontek saat ujian

2. 

a. Tutup pintu

b. Berhenti

c. Sebrangi jalan

d. Kemari

e. Pergi


Komentar

Postingan populer dari blog ini

(Expressing Ability and Willingness) RPP K13 BAHASA INGGRIS KELAS 2 SMP/MTS SEMESTER 1

  RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Sekolah : MTsN Tungkob Mata Pelajaran : Bahasa Inggris Kelas/semester : VIII/I Materi  Pokok : Expressing Ability and Willingness Topik : Can You Play The Guitar? Alokasi Waktu : 6 x 40 menit A.KOMPETENSI INTI 1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya. 2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya. 3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian  tampak mata. 4. Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di se...

Contoh Cover Makalah UIN Ar-Raniry Banda Aceh

Cover adalah bagian pertama yang harus ada dalam sebuah karya ilmiah seumpama makalah atau skripsi. setiap lembaga punya format cover karya ilmiahnya tersendiri. Berikut adalah contoh cover makalah yang bisa dijadikan pedoman dalam melengkapi bagian depan sebuah karya ilmiah di UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Format cover makalah UIN ar-raniry: - judul huruf kapitak, front size 12, font type times new roman - nama penulis huruf kecil, size 12, times new roman - space dari judul ke Oleh = 4 x enter