Langsung ke konten utama

Obat Herbal Sakit Gigi Paling Ampuh

OBAT HERBAL SAKIT GIGI PALING AMPUH “lebih baik sakit hati daripada sakit gigi” Ungkapan kalimat di atas mungkin menjadi kalimat yang sering diucapkan oleh seorang yang kerap menderita sakit gigi. Memang nyatanya, sakit gigi adalah kondisi yang tak tertahankan saat seseorang mengalaminya secara spontan.  Bahkan bagi kebanyakan orang, penyakit ini sudah menjadi konsumsi rutin pribadi orang.  Penderita sakit gigi bisa-bisa dapat memicu emosi yang tidak stabil akibat keram yang menjulur hingga ke bagian saraf mata dan kepala. Tapi jangan khawatir guys! Kamu bisa dengan mudah dan gratis mendapatkan obat sakit gigi ini di rumah anda tanpa harus susah payah mencarinya atau tak pergi ke apotik. Berikut adalah obat sakit gigi alternatif yang mudah didapatkan langsung di sekitar anda: 1. Garam   Selain menjadi kunci utama sedapnya masakan dapur, garam juga mempunyai untuk membasmi bakteri yang menyebabkan infeksi di sekitar mulut Anda. Sakit gigi yang menyababkan gusi menjadi luka...

(Asking and Giving Opinion) RPP K13 BAHASA INGGRIS KELAS 2 SMP/MTS SEMESTER 1

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

BAHASA INGGRIS



Satuan Pendidikan : MTsN Tungkob

Mata Pelajaran : Bahasa Inggris

Kelas/Semester : VIII/1

Materi Pokok : Teks lisan dan tulis untuk meminta perhatian, mengecek pemahaman, menghargai kinerja yang baik, dan meminta / mengungkapkan pendapat.

Topik : It’s English Time

Alokasi Waktu : 6 x 40 menit


A. KOMPETENSI INTI 

1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.

2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.

3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.

4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.



B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

Kompetensi Dasar

KD 1.1

Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.

KD 2.1

Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal 

dengan guru dan teman. 

KD 2.2

Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.

KD 2.3

Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam 

melaksanakan komunikasi fungsional.

KD 3.1

Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial dari ungkapan meminta perhatian, mengecek pemahaman, menghargai kinerja yang baik, dan meminta dan mengungkapkan pendapat, serta responsnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.



KD 4.1

Menyusun teks lisan sederhana untuk mengucapkan dan merespon ungkapan meminta perhatian, mengecek pemahaman, dan menghargai kinerja yang baik, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsurkebahasaan yang benar dansesuaikonteks.


Indikator Pencapaian Kompetensi

KD 1.1

Menunjukkan sikap bersyukur dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi Internasional dengan cara menggunakannya dalam berkomunikasi dengan guru maupun teman.


KD 2.1

Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.


KD 3.1

1. Mengidentifikasi ungkapan yang digunakan untuk meminta perhatian, mengecek pemahaman, menghargai kinerja yang baik, dan meminta / mengungkapkan pendapat dengan santun dan berani.

2. Menggunakan ungkapan meminta perhatian, mengecek pemahaman, menghargai kinerja yang baik, dan meminta / mengungkapkan pendapat pada situasi yang tepat dengan baik.


KD 4.1

Menyusun teks lisan sederhana untuk mengucapkan dan merespon ungkapan meminta perhatian, mengecek pemahaman, dan menghargai kinerja yang baik, serta meminta dan mengungkapkan pendapat dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.


C. TUJUAN PEMBELAJARAN

1. Afektif ( ref KD 1.1 dan 2.1)

Siswa dapat menunjukkan sikap bersyukur dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi Internasional dengan cara menggunakannya dalam berkomunikasi dengan guru maupun teman.

Siswa dapat Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.


2. Kognitif (ref KD 3.1)

Siswa dapat Mengidentifikasi ungkapan yang digunakan untuk meminta perhatian, mengecek pemahaman, menghargai kinerja yang baik, dan meminta / mengungkapkan pendapat dengan santun dan berani.

Menggunakan ungkapan meminta perhatian, mengecek pemahaman, menghargai kinerja yang baik, dan meminta / mengungkapkan pendapat pada situasi yang tepat dengan baik.


3. Psikomotor (ref KD 4.1)

Menyusun teks lisan sederhana untuk mengucapkan dan merespon ungkapan meminta perhatian, mengecek pemahaman, dan menghargai kinerja yang baik, serta meminta dan mengungkapkan pendapat dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.


D. MATERI PEMBELAJARAN

Fungsi sosial:

Menjaga hubungan interpersonal dengan guru dan teman.

Struktur teks :

- Ungkapan Meminta Perhatian:

Excuse me.

            Yes, please                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                 

Attention, please!

            All right.

- Mengecek Pemahaman:

It’s good, isnt’it?

            Yes, it is.

Is it clear?

            It.is.

Do you understand?

            Yes, I do.

- Menghargai kinerja yang baik

That’s great.

            Thank you.

It’s beautiful.

      Thanks.

Excelent!

    Thanks a lot.

- Meminta/mengungkapkan pendapat

Do you think it is good?

        Yes, I think so

  I don’t think so

What do you think of it?

      I think it’s too ….



Unsur kebahasaan:

Ucapan, tekanan kata, intonasi, kosakata dan tata bahasa.

E. METODE PEMBELAJARAN

Pendekatan : Scientific Approach 

Langkah Pembelajaran : Mengamati, Menanya, Mengumpulkan Informasi,  

    Mengasosiasikan, Mengkomunikasi

Metode : Communicative Approach

Model/Teknik : Role play


F. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran

Media : Gambar

Sumber belajar : Buku When English Rings the Bell, SMP/MTs, Kelas VIII,

   Kementrian pendidikan dan kebudayaan RI



G. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

1. Pertemuan 1

a. Pendahuluan ( 5 menit)

1) Salam , tegur sapa dan berdoa sebelum memulai pembelajaran. 

2) Guru melakukan apersepsi dengan menanyakan keadaan didalam   kelas dalam rangka memberikan konteks real terhadap materi yang akan dipelajari.

3) Mengabsensi peserta didik (mengecek siapa saja yang tidak hadir).

4) Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.


b. Inti (70 menit)


Langkah

Kegiatan Belajar Ket

Guru Siswa


Mengamati


a. Menyediakan model untuk meminta perhatian serta responsnya.

b. Guru dengan siswa memerankan cara meminta perhatian serta responsnya.dengan bahasa inggris

c. Guru menunjukkan teks meminta perhatian serta responsnya. a. Siswa mendengarkan/menonton interaksi meminta perhatian serta responsnya.

b. siswa mengikuti interaksi meminta perhatian serta responsnya.

c. Siswa menirukan model interaksi meminta perhatian serta responsnya.

d. Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri interaksi meminta perhatian serta responsnya. (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur bahasa) Picture/ flash card

Menanya

a. Memberikan rasional, tujuan, rincian, dan latar budaya ungkapan meminta perhatian serta responsnya.. a. Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan perbedaan antar berbagai ungkapan meminta perhatian serta responsnya dalam berbagai konteks

Mengumpulkan Informasi



a. Mengingatkan agar siswa senantiasa memperkenalkan diri pada setiap konteks sosial yang memerlukannya.

b. Memberikan penguatan.

c. Memotivasi siswa melakukan refleksi terhadap meminta perhatian serta responsnya.

d. Memberikan penilaian unjuk kerja. a. Siswa meminta perhatian serta responsnya menggunakan  Bahasa Inggris  dalam konteks simulasi, role-play, dan kegiatan lain yang terstruktur.

Mengasosiasikan a. Memperihatkan keterkaitan teks meminta perhatian serta responsnya., serta membimbing siswa untuk menganalisis fungsi, struktur teks, dan pilihan bahasa yang digunakan dalam teks.

b. Memberi penegasan terhadap contoh kalimat yang diberikan siswa. a. Dalam kerja kelompok terbimbing siswa menganalisis fungsi sosial, makna dan fungsi ungkapan meminta perhatian, serta responsnya, struktur teks, dan  unsur kebahasaan, serta format penulisannya.

b. Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang setiap yang dia sampaikan dalam kerja kelompok

Mengkomunikasi

a. Memberikan nasihat dan informasi yang relevan kapada para siswa.

b. Memotivasi siswa untuk tetap menggunakan konteks yang telah dipelajari di dalam kelas, di luar kelas maupun di lingkungan sekitar setelah pembelajaran selesai.

c. Memberikan penguatan/ umpan balik. a. Siswa meminta perhatian dengan bahasa Inggris, di dalam dan di luar kelas. 

b. Siswa menulis jurnal untuk  mengungkapkan pengalaman  yang  mereka peroleh selama pembelajaran, hal-hal yang sulit dan mudah dipelajari dan strategi yang sudah atau akan dilakukan untuk mengatasinya.

c. Penutup (5 menit)

1) Guru memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan.

2) Memberikan pr.

3) Sapaan penutup.


2. Pertemuan 2

a. Pendahuluan ( 5 menit)

1) Salam , tegur sapa dan berdoa sebelum memulai pembelajaran. 

2) Guru melakukan apersepsi.

3) Mengabsensi peserta didik (mengecek siapa saja yang tidak hadir).

4) Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.


b. Inti (70 menit)

Langkah

Kegiatan Belajar Ket

Guru Siswa


Mengamati


a. Menyediakan model untuk mengecek pemahaman dan menghargai kinerja yang baik

b. Guru dengan siswa memerankan cara mengecek pemahaman dan menghargai kinerja yang baik

c. Guru menunjukkan teks mengecek pemahaman dan menghargai kinerja yang baik a. Siswa mendengarkan/menonton interaksi mengecek pemahaman dan menghargai kinerja yang baik serta responsnya.

b. Siswa mengikuti interaksi mengecek pemahaman dan menghargai kinerja yang baik serta responsnya.

c. Siswa menirukan model interaksi mengecek pemahaman dan menghargai kinerja yang baik serta responsnya.

d. Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri interaksi mengecek pemahaman dan menghargai kinerja yang baik (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur bahasa)

Menanya a. Memberikan rasional, tujuan, rincian, dan latar budaya ungkapan mengecek pemahaman dan menghargai kinerja yang baik a. Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan perbedaan antar berbagai ungkapan mengecek pemahaman dan menghargai kinerja yang baik serta responsnya dalam berbagai konteks

Mengumpulkan Informasi



a. Memberikan penguatan.

b. Memotivasi siswa melakukan refleksi terhadap materi yang dipelajari.

c. Memberikan penilaian unjuk kerja. b. Siswa mengecek pemahaman dan menghargai kinerja yang baik serta responsnya menggunakan  Bahasa Inggris  dalam konteks simulasi, role-play, dan kegiatan lain yang terstruktur.

Mengasosiasikan a. Memperihatkan keterkaitan teks mengecek pemahaman dan menghargai kinerja yang baik serta membimbing siswa untuk menganalisis fungsi, struktur teks, dan pilihan bahasa yang digunakan dalam teks.

b. Memberipenegasan terhadap contoh kalimat yang diberikan siswa. a. Dalam kerja kelompok terbimbing siswa menganalisis fungsi sosial, makna dan fungsi ungkapan mengecek pemahaman dan menghargai kinerja yang baik serta responsnya, struktur teks, dan  unsur kebahasaan, serta format penulisannya.

b. Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang setiap yang dia sampaikan dalam kerja kelompok

Mengkomunikasi

a. Memberikan nasihat dan informasi yang relevan kapada para siswa.

b. Memotivasi siswa untuk tetap menggunakan konteks yang telah dipelajari di dalam kelas, di luar kelas maupun di lingkungan sekitar setelah pembelajaran selesai.

c. Memberikan penguatan/ umpan balik. a. Siswa meminta perhatian dengan bahasa Inggris, di dalam dan di luar kelas. 

b. Siswa menulis jurnal untuk  mengungkapkan pengalaman  yang  mereka peroleh selama pembelajaran, hal-hal yang sulit dan mudah dipelajari dan strategi yang sudah atau akan dilakukan untuk mengatasinya.


c. Penutup (5 menit)

1) Guru memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan.

2) Memberi pr.

3) Sapaan penutup.

3. Pertemuan 3

a. Pendahuluan ( 5 menit)

1) Salam , tegur sapa dan berdoa sebelum memulai pembelajaran. 

2) Guru melakukan apersepsi dengan menanyakan keadaan didalam   kelas dalam rangka memberikan konteks real terhadap materi yang akan dipelajari.

3) Mengabsensi peserta didik (mengecek siapa saja yang tidak hadir).

4) Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.


b. Inti (70 menit)


Langkah

Kegiatan Belajar Ket

Guru Siswa


Mengamati


a. Menyediakan model untuk meminta / mengungkapkan pendapat.

b. Guru dengan siswa memerankan cara meminta / mengungkapkan pendapat serta responsnya.

c. Guru menunjukkan teks mengecek pemahaman serta responsnya. a. Siswa mendengarkan/menonton interaksi meminta / mengungkapkan pendapat serta responsnya.

b. Siswa mengikuti interaksi mengecek pemahaman serta responsnya.

c. Siswa menirukan model interaksi meminta / mengungkapkan pendapat serta responsnya.

d. Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri interaksi meminta / mengungkapkan pendapat serta responsnya. (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur bahasa)

Menanya

a. Memberikan rasional, tujuan, rincian, dan latar budaya ungkapan meminta / mengungkapkan pendapat serta responsnya.. a. Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan perbedaan antar berbagai ungkapan meminta / mengungkapkan pendapat serta responsnya dalam berbagai konteks

Mengum pulkan Informasi



a. Mengingatkan agar siswa senantiasa meminta / mengungkapkan pendapat  pada setiap konteks sosial yang memerlukannya.

b. Memberikan penguatan.

c. Memotivasi siswa melakukan refleksi terhadap materi yang dipelajari.

d. Memberikan penilaian unjuk kerja a. Siswa meminta / mengungkapkan pendapat serta responsnya menggunakan  Bahasa Inggris  dalam konteks simulasi, role-play, dan kegiatan lain yang terstruktur.


Mengasosiasikan a. Memperihatkan keterkaitan teks meminta / mengungkapkan pendapat serta responsnya., serta membimbing siswa untuk menganalisis fungsi, struktur teks, dan pilihan bahasa yang digunakan dalam teks

b. Memberi penegasan terhadap contoh kalimat yang diberikan siswa. a. Dalam kerja kelompok terbimbing siswa menganalisis fungsi sosial, makna dan fungsi ungkapan meminta / mengungkapkan pendapat, serta responsnya, struktur teks, dan  unsur kebahasaan, serta format penulisannya.

b. Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang setiap yang diasampaikan dalam kerja kelompok

Mengkomunikasi

a. Memberikan nasihat dan informasi yang relevan kapada para siswa.

b. Memotivasi siswa untuk tetap menggunakan konteks yang telah dipelajari di dalam kelas, di luar kelas maupun di lingkungan sekitar setelah pembelajaran selesai.

c. Memberikan penguatan/ umpan balik. a. Memberikan nasihat dan informasi yang relevan kapada para siswa.

b. Memotivasi siswa untuk tetap menggunakan konteks yang telah dipelajari di dalam kelas, di luar kelas maupun di lingkungan sekitar setelah pembelajaran selesai.

c. Memberikan penguatan/ umpan balik.


c.  Penutup (5 menit)

1) Guru memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan.

2) Memberi tugas pr.

3) Sapaan penutup.


H. PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN


1. Teknik dan bentuk penilaian:

a. Lisan dan tulis/unjuk kerja ( task and performamce)

b. Objective / Subjective




2. Bentuk Instrumen dan Instrumen


Indikator Pencapaian Kompetensi Penilaian

Teknik Bentuk Instrumen

KD 1.1

Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar. Pengamatan

Catatan: penilain sikap ini dilakukan ketika proses pembelajaran berlangsung Checklist Lihat instrumen Pengamatan 

KD 2.1 

Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman Pengamatan Checklist

KD 3.1

1. Mengidentifikasi ungkapan yang digunakan untuk meminta perhatian, mengecek pemahaman, menghargai kinerja yang baik, dan meminta / mengungkapkan pendapat dengan santun dan berani.


2. Menggunakan ungkapan meminta perhatian, mengecek pemahaman, menghargai kinerja yang baik, dan meminta / mengungkapkan pendapat pada situasi yang tepat dengan baik. Lisan dan tulis terintegrasi/

unjuk kerja Objective dan Subjective 1. Please underline the attention in conversation below!

2. Please underline asking understand sentence in conversation below!


KD 4.1

1. Menyusun teks lisan sederhana untuk mengucapkan dan merespon ungkapan meminta perhatian, mengecek pemahaman, dan menghargai kinerja yang baik, serta meminta dan mengungkapkan pendapat dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks. Lisan dan tulisan/

performance

terintegrasi Lisan dan tulisan

performance

terintegrasi 1. Make a simple dialogue by using the expression that we have learnt!


3. Perform the conversation in front of the class!




3. Pedoman Penskoran:

a. Indikator Pencapaian KD 1.1

Rubrik penilaian

Nama :

Kelas :


No Aspek Pengamatan Ya Tidak

1 Menggunakan bahasa Inggris ketika mengajukan pertanyaan

2 Menggunakan bahasa Inggris ketika memberikan pendapat

3 Menggunakan bahasa Inggris ketika berkomunikasi dengan teman

4 Menggunakan bahasa Inggris ketika berkomunikasi dengan guru

Petunjuk Penilaian:

Ya : 1

Tidak : 0

Penyekoran: Jumlah yang didapat x 10 

Skor maksimal

Jumlah maksimal: 10


b. Indikator Pencapaian KD 2.1

Rubrik

Nama :

Kelas :

No Aspek yang dinilai Nilai Ket 

1 2 3 4 5

1 Santun

2 Peduli

                        Jumlah nilai 20


Penyekoran: Jumlah yang didapat x 10 

Skor maksimal

Keterangan aspek yang dinilai :

 Santun

5 = selalu bersikap santun 

4 = sering bersikap santun

3 = terkadangbersikap santun 

2 = pernah bersikap santun

1 = tidak pernah bersikap santun


Peduli (care) 

5 = selalu menunjukkan sikap peduli 

4 = sering  menunjukkan sikap peduli 

3 = terkadang menunjukkan sikap peduli 

2 = Sering menunjukkan sikap tidak peduli 

      1 = Sangat sering menunjukkan sikap tidak peduli


c. Indikator Pencapaian KD 3.1 – Cognitive Aspect


Tugas/ Soal

1. Underline the attention in conversation below!

2. Underline asking understand expression in conversation below!


Kriteria Penilaian

Acceptable scoring / one correct answer (tiap jawaban benar skor 10 ) 

Nilai siswa = Skor diperoleh  x 100

    Skor maksimal


d. Indikator Pencapaian KD 4.1 – Psikomotor Aspect

Tugas/Soal

1. Make a dialogue by using expression that we have learnt!

2. Perform the dialogue in front of the class



Kriteria Penilaian

Rubrik penilaian writing


Standar Nilai

(maks 100) Performansi yang dituntut

Poor 50 Teks kurang dari 4 buah kalimat,

banyak terdapat kesalahan  tata bahasa, 

pemakaian kosa kata yang tidak tepat dan sulit dipahami. Tidak terstruktur. 

Fair 65 Teks terdiri dari 4– 5 buah kalimat,

terdapat beberapa kesalahan  tata bahasa,

pemakaian kosa kata yang tidak tepat dan sulit dipahami.  terstruktur. 

Good 75 Teks terdiri dari 5 buah kalimat,

Penggunaan tata bahasa  sudah tepat,

pemakaian kosa kata yang kurang tepat .  terstruktur. 

Very Good 85 Teks terdiri dari 5 buah kalimat,

Penggunaan tata bahasa  sudah tepat.

pemakaian kosa kata tepat dan dipahami.  terstruktur.

Excellent 100 Teks lebih dari 5 buah kalimat,

penggunaan  tata bahasa tepat dan benar,

pemakaian kosa kata yang tepat dan mudah dipahami. Terstruktur. 


Kriteria penilaian dapat dilakukan sebagai berikut :

Skor maksimal :  100

Penentuan nilai : Nilai siswa = skor diperoleh X 100 

           Skor maksimal



Rubrik Speaking


No Aspek yang dinilai Skor

1 2 3 4 5

1 Kosa kata (vocabulary)

2 Pengucapan (pronunciation)

3 Intonasi (intonation)

Jumlah skor













Kriteria penilaian dapat dilakukan sebagai berikut :

Skor maksimal :  3 x 5 = 15

Penentuan nilai : Nilai siswa = skor diperoleh X 100 

           Skor maksimal


a. Kosa kata (vocabulary) 

5 = Hampir sempurna 

4 = Ada kesalahan tapi tidak mengganggu makna 

3 = Ada kesalahan dan mengganggu makna 

2 = Banyak kesalahan dan menganggu makna 

1 = Terlalu banyak kesalahan sehinngga sulit dipahami.


b.  Pengucapan (pronunciation) 

4 = Hampir sempurna

3 = Ada kesalahan tapi tidak mengganggu makna

2 = Banyak kesalahan dan mengganggu makna 

1 = Terlalu banyak kesalahan sehingga sulit untuk dipahami 


c. Intonasi (intonation) 

4 = Hampir sempurna

3 = Ada beberapa kesalahan tapi tidak mengganggu makna

2 = Banyak kesalahan dan mengganggu makna 

1 = Terlalu banyak kesalahan sehingga sulit dipahami 



Mengetahui, Tungkob, 26 Oktober 2015

Guru Pamong Guru Praktikan





Ernawati S.Pd Rosmawati









































Students Worksheet

Soal:


1. Underline the attention in conversation below!

A : Excuse me, may I have your attention please?

B : Sure, what can I do for you?

A : My daughter is sick. Can you help me to bring my daughter to hospital please?

B : Sure

A : Thank you

B : You are welcome



2. Underline asking understand expression in conversation below!

A : What do you think if we use English in our English class. We will use English in our 

class. Do you understand me? Siti, what did I say?

B : Yes, we will use English in our class.


Soal:

1. Make a dialogue by using expression that we have learnt!

2. Perform the dialogue in front of the class!



Key Answer:

Soal I :

1. May I have your attention please.

2. Do you understand me?


Soal II :

Kemungkinan dialog

A : Dayu, please look at me! Would you stop doing that please? Are you ready to 

learn?

B : I’m so sorry, Ma’am. Yes, I am.


lihat juga RPP KELAS 2 SMP/MTS SEMESTER 1 MATERI 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

(Expressing Ability and Willingness) RPP K13 BAHASA INGGRIS KELAS 2 SMP/MTS SEMESTER 1

  RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Sekolah : MTsN Tungkob Mata Pelajaran : Bahasa Inggris Kelas/semester : VIII/I Materi  Pokok : Expressing Ability and Willingness Topik : Can You Play The Guitar? Alokasi Waktu : 6 x 40 menit A.KOMPETENSI INTI 1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya. 2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya. 3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian  tampak mata. 4. Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di se...

(Giving instruction, invitation, Prohibition, and asking Permission) RPP K13 B.INGGRIS KELAS 2 SMP/MTS

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Sekolah : MTsN Tungkob Mata Pelajaran : Bahasa Inggris Kelas/Semester : VIII/1 Materi Pokok : Giving instruction, invitation, Prohibition, and asking Permission Topik : Would You Like To Come Alokasi Waktu : 8 x 40 menit A. KOMPETENSI INTI  1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya. 2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya. 3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata. 4. Mencoba,  mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai de...

Contoh Cover Makalah UIN Ar-Raniry Banda Aceh

Cover adalah bagian pertama yang harus ada dalam sebuah karya ilmiah seumpama makalah atau skripsi. setiap lembaga punya format cover karya ilmiahnya tersendiri. Berikut adalah contoh cover makalah yang bisa dijadikan pedoman dalam melengkapi bagian depan sebuah karya ilmiah di UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Format cover makalah UIN ar-raniry: - judul huruf kapitak, front size 12, font type times new roman - nama penulis huruf kecil, size 12, times new roman - space dari judul ke Oleh = 4 x enter