Langsung ke konten utama

Obat Herbal Sakit Gigi Paling Ampuh

OBAT HERBAL SAKIT GIGI PALING AMPUH “lebih baik sakit hati daripada sakit gigi” Ungkapan kalimat di atas mungkin menjadi kalimat yang sering diucapkan oleh seorang yang kerap menderita sakit gigi. Memang nyatanya, sakit gigi adalah kondisi yang tak tertahankan saat seseorang mengalaminya secara spontan.  Bahkan bagi kebanyakan orang, penyakit ini sudah menjadi konsumsi rutin pribadi orang.  Penderita sakit gigi bisa-bisa dapat memicu emosi yang tidak stabil akibat keram yang menjulur hingga ke bagian saraf mata dan kepala. Tapi jangan khawatir guys! Kamu bisa dengan mudah dan gratis mendapatkan obat sakit gigi ini di rumah anda tanpa harus susah payah mencarinya atau tak pergi ke apotik. Berikut adalah obat sakit gigi alternatif yang mudah didapatkan langsung di sekitar anda: 1. Garam   Selain menjadi kunci utama sedapnya masakan dapur, garam juga mempunyai untuk membasmi bakteri yang menyebabkan infeksi di sekitar mulut Anda. Sakit gigi yang menyababkan gusi menjadi luka...

(Expressing Ability and Willingness) RPP K13 BAHASA INGGRIS KELAS 2 SMP/MTS SEMESTER 1

  RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Sekolah : MTsN Tungkob

Mata Pelajaran : Bahasa Inggris

Kelas/semester : VIII/I

Materi  Pokok : Expressing Ability and Willingness

Topik : Can You Play The Guitar?

Alokasi Waktu : 6 x 40 menit


A.KOMPETENSI INTI

1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.

2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.

3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian  tampak mata.

4. Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.


B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

Kompetensi Dasar

KD 1.1 Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar 

komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.


KD 2.1 Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal 

dengan guru dan teman. 


KD 2.2 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.


KD 2.3 Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam 

melaksanakan komunikasi fungsional.


KD 3. 2 Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial menyatakan dan menanyakan tentang kemampuan dan kemauan melakukan suatu tindakan, sesuai dengan konteks penggunaannya.


KD 4.2 

Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang kemampuan dan  kemauan melakukan suatu tindakan, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.



Indikator Pencapaian Kompetensi

KD 1.1 Menunjukkan sikap bersyukur dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi Internasional dengan cara menggunakannya dalam berkomunikasi dengan guru maupun teman.

KD 2.2 Menunjukkan perilaku percaya diri dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.

KD 3.2 Mengidentifikasikan ungkapan yang menyatakan dan menanyakan tentang kemampuan dan kemauan melakukan suatu tindakan, sesuai dengan konteks penggunaannya.

KD 4.2:

1. Menulis ungkapan yang  menyatakan dan menanyakan tentang kemampuan dan kemauan melakukan suatu tindakan, sesuai dengan konteks penggunaannya.

2. Mempertunjukkan ungkapan yang  menyatakan dan menanyakan tentang kemampuan dan kemauan melakukan suatu tindakan, sesuai dengan konteks penggunaannya.


C. TUJUAN PEMBELAJARAN

1. Afektif ( ref KD 1.1 dan 2.2)

Siswa dapat Menunjukkan sikap bersyukur dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi Internasional dengan cara menggunakannya dalam berkomunikasi dengan guru maupun teman.

Siswa dapat Menunjukkan perilaku percaya diri dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.


2. Kognitif (ref. KD 3.2)

Siswa dapat memilih ungkapan yang menyatakan dan menanyakan tentang kemampuan dan kemauan melakukan suatu tindakan, sesuai dengan konteks penggunaannya.

Siswa dapat menerapkan ungkapan yang menyatakan dan menanyakan tentang kemampuan dan kemauan melakukan suatu tindakan, sesuai dengan konteks penggunaannya.


3. Psikomotor (ref. KD 4.2)

Siswa dapat menyusun ungkapan yang  menyatakan dan menanyakan tentang kemampuan dan kemauan melakukan suatu tindakan, sesuai dengan konteks penggunaannya.

Siswa dapat menampilkan ungkapan yang  menyatakan dan menanyakan tentang kemampuan dan kemauan melakukan suatu tindakan, sesuai dengan konteks penggunaannya.


D. MATERI PEMBELAJARAN

Fungsi sosial

- Menyatakan dan menanyakan tentang kemampuan dan kemauan melakukan suatu tindakan

- Untuk menjaga hubungan interpersonal dengan guru dan teman


Struktur teks

1. Penggunaan modal can; Can you play piano? Yes, I can/ Sorry, I can’t.

                    Can you do it now? I’m not sure/ I’ll try

2. Penggunaan will; will you go to English course? Yes, I will/ No, I won’t.


Unsur Kebahasaan

1. Verb : play, do, go

2. Modal : can, will, would


            Materi rinci pembelajaran dilampirkan pada Lampiran 1


E. METODE PEMBELAJARAN

Pendekatan : Scientific Approach

Langkah Pembelajaran : Mengamati, menanya, mengumpulkan informasi,   mengasosiasikan, mengkomunikasi

Model : Communicative Approach, Audiolingual Method,

  Cooperative Learning, CTL

Teknik :Survey, Role Play, repetition drill, answer and question  drill,   complete the dialog, questioning based model, TPS


F. MEDIA, ALAT, SUMBER PEMBELAJARAN

Media : Gambar, Video, Rekaman

Alat : Laptop

Sumber Belajar : When English Rings The Bell Grade VIII



G. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN


1. Pertemuan 1 (2 JP)

a. Pendahuluan (5 menit)

1) Salam dan tegur sapa, berdoa

2) Guru melakukan apersepsi dengan memberikan pertanyaan kepada peserta didik tentang kemampuan dan kemauan dalam rangka memberikan konteks real terhadap materi yang akan dipelajari

3) Guru menyampaikan tujuan pembelajaran

b. Inti (70 menit)


Langkah Kegiatan Belajar

Keterangan

Guru Siswa

Mengamati a. Menunjukkan gambar dan contoh ungkapan ability and willingness melalui proyektor dan meminta siswa mengamati.

b.Memperdengarkan contoh ungkapan ability and willingness dan meminta siswa mengulangi ungkapan yang telah diucapkan guru

c.Menjelaskan penggunaan can, will dan would sesuai dengan kegunaannya a. Siswa memperhatikan

    contoh yang diberikan

    oleh guru


b. Siswa mengucapkan

    ungkapan ability and

    willingness



c. Siswa mengamati


Lampiran I








Lampiran I (rekaman)

Menanya

a. Setelah memperlihatkan contoh, guru dapat mengawali dengan pertanyaan seperti berikut,

Can you sing a song, Rani?

Can you dance, Lara?

Andri, will you help me?


b. Meminta siswa menanyakan pertanyaan sederhana kepada teman sebangku dengan menggunakan ungkapan ability andwillingness a. Siswa merespon pertanyaan guru,


Yes, I  can

No, I can’t.

Sure, I will


b. Siswa menanyakan kepada temannya.

Mengumpulkan Informasi

a. Meminta siswa duduk dalam kelompok dan membagikan list ungkapan ability and willingness dan meminta siswa mengidentifikasi ungkapan mana yang merupakan ability dan willingness

b. Meminta siswa secara individu menuliskan pertanyaan dengan menggunakan ungkapan ability and willingness dalam bntuk angket

c. Meminta siswa menyebarkan angket yang mereka buat untuk teman-teman dalam kelompoknya a. Siswa duduk dalam kelompok dan mengidentifikasi ungkapan yang termasuk ability dan ungkapan yang termasuk willingness.




b. Siswa membuat angket yang berisi pertanyaan-pertanyaan tentang ability and willingness




c. Siswa mengedarkan angket ke teman-teman kelompoknya. Worksheet I

Mengasosiasikan

a. Guru meminta siswa mengumpulkan angket ke temannya

b. Guru meminta siswa meringkas hasil jawaban teman-temannya.

c. Mengamati dan memfasilitasi pekerjaan siswa dalam proses pengolahan/analisis informasi (analisis struktur teks dan unsur kebahasaan a. Siswa mengumpulkan angket


b. Siswa meringkas jawaban teman-temannya.





Worksheet I

Mengkomunikasikan

a. Memfasilitasi siswa menyampaikan hasil tugas secara lisan a. Menyampaikan hasil tugas secara lisan

b. Penutup (5 menit)

1) Guru memberi penegasan terhadap materi pembelajaran

2) Guru memfasilitasi siswa melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan

3) Bersama-sama dengan siswa menyimpulkan topik pembelajaran

4) Memberikan tugas tindak lanjut berbentuk PR berupa angket, dan meminta siswa menanyakan kepada salah satu anggota keluarganya tentang ability and willingness  


Mengetahui, Tungkob, 26 Oktober 2015

Guru Pamong Guru Praktikan



Ernawati S.Pd Rosmawati

         

LAMPIRAN I : MATERI

I. Expressing Ability

 She can play guitar

  He can play piano

 They can play chess 

  He can swim

  They can dance


Penggunaan ability

Positive

She can play guitar

He can play piano

They can play chess

He can swim

They can dance

Negative

She can not play guitar

He can not play piano

They can not play chess

He can not swim

They can not dance

Introgative

Can she play guitar?

- Yes, she can

- No, she can not

Can he play piano?

- Yes, he can

- No, he can not

Can they play chess- Yes, they can

- No, they can not


Can he swim?

- Yes, he can

- No, he can not

Can they dance?

- Yes, they can

- No, they can not


II. Expressing willingness

Positive  

Formal

1. I would have some books

2. He would come to the meeting

Negative 

1. I would not have some books

2. He would not come to the meeting

Introgative

1. Would you have some books?

    Yes, i would

    No, i wouldn’t

2. would he come to the meeting?

    Yes, he would

    No, he wouldn’t




STUDENT WORKSHEET I

I. select the expressions of ability and willingness

- She can swim - Will you come to her birthday party?

- That man can fly a plane - I would like to go to the library

- He will go to post office - Maria can sing well

- can grasshopper fly? - My uncle will buy a new car

- Tigers can run fast - She will study English 


Ability Willingness


Name:

Class:

II. make questions by using the expressions of ability and willingness.

-

-

-

-

By :


III. Summarize your friends’ answers in a paragraph. Follow the example below!

Example:

Anita is my friend. She can sing and play guitar. This afternoon, she will go to her friend’s birthday party. She will sing a song there.

...............................................................................................................................................................................................................................................................................................


STUDENT WORKSHEET II

Practice the conversation based on the following situations!

You are in a restaurant. You want to have mango juice

You meet your friend on the way home. She invites you to go to a bookstore with her, but you will pick your sister up at her school.

Your teacher ask the students in your class about what kind of sport they can play. You say you can play badminton. Your aunt ask you to help her to cook soup

In your friend’s birthday party, nobody can play piano. Your friend ask you to play piano A mother asks her daughter to clean their house because she wats to go to market to buy some vegetables


Answer Key

Ability Willingness

She can swim

That man can fly a plane

can grasshopper fly?

Tigers can run fast

Maria can sing well

He will go to post office

Will you come to her birthday party?

I would like to go to the library

My uncle will buy a new car

She will study English




Komentar

Postingan populer dari blog ini

(Giving instruction, invitation, Prohibition, and asking Permission) RPP K13 B.INGGRIS KELAS 2 SMP/MTS

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Sekolah : MTsN Tungkob Mata Pelajaran : Bahasa Inggris Kelas/Semester : VIII/1 Materi Pokok : Giving instruction, invitation, Prohibition, and asking Permission Topik : Would You Like To Come Alokasi Waktu : 8 x 40 menit A. KOMPETENSI INTI  1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya. 2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya. 3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata. 4. Mencoba,  mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai de...

Contoh Cover Makalah UIN Ar-Raniry Banda Aceh

Cover adalah bagian pertama yang harus ada dalam sebuah karya ilmiah seumpama makalah atau skripsi. setiap lembaga punya format cover karya ilmiahnya tersendiri. Berikut adalah contoh cover makalah yang bisa dijadikan pedoman dalam melengkapi bagian depan sebuah karya ilmiah di UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Format cover makalah UIN ar-raniry: - judul huruf kapitak, front size 12, font type times new roman - nama penulis huruf kecil, size 12, times new roman - space dari judul ke Oleh = 4 x enter